Ciri dan Cara Kita Adalah Pembeda Yang Membesarkan

Oleh : Budi Yusnendar

Apa jadinya jika  ikan berusaha pindah hidup dari air ke darat, atau burung ke dalam lautan?.  Kira-kira muncul istilah “mustahil” jika bukan “bunuh diri”.  Sejak diciptakan alam ini memang sudah memiliki fitrahnya masing masing dan semua harus berjalan dengan fitrahnya tersebut.
Selama ini burung atau ikan cukup “tau diri”, mereka tidak memaksakan diri untuk berpindah alam.  Secara alamiah mereka memiliki kesadaran “identitas” (Mohon tidak diartikan ansih / letterleg).  Burung bergerak kesana kemari dengan mengepakan sayap di udara bukan mengibaskan ekor layaknya ikan dalam air.

Mari kita sedikit lagi ber- analogi yang lebih mengena dengan kehidupan kita sehari-hari.  Ketika kita tersesat  di suatu tempat yang tak kita kenal, apakah yang akan kita lakukan?  “Mencari tempat yang kita tuju ?” atau “mengetahui dimanakah kita berada saat itu?”.  Saya kira keduanya adalah hal yang sama penting dan harus kita ketahui. Kemana adalah pertanyaan yang akan menujukan identitas tempat yang akan kita tuju, sementara pertanyaan “dimana kita berada” akan menunjukan titik yang akan menjadi patokan bagaimana kita akan mencapai tujuan tersebut. Ke arah baratkah kita bergerak atau justru ke timur. Kita tak bisa hanya tahu salah satunya saja “kemana kita” atau “dimana kita” karena kemungkinan besar kita akan bergerak ke arah yang salah.

Memahami siapa kita  adalah yang sangat penting, sehingga kita dapat memahami apa kekurangan dan kelebihan diri. Dengannya kita dapat belajar menutup dan memperbaiki kekurangan, pun seterusnya kita dapat pertahankan kelebihan serta berbagi tentang apa yang kita tahu demi pencerahan.  "Memahami tujuan" juga memiliki kedudukan yang sama pentingnya. Dengannya kita akan terkonsentrasi dan terarah. Secara alamiah kita akan terajarkan untuk tetap bangkit setelah terjatuh, berlari ketika kaki kuat, terbang dan melompat ketika kemampuan itu dimiliki. Tujuan akan menjadi mimpi yang membimbing kita untuk mencapainya.

Berusaha meniru orang lain adalah tindakan yang tidak tepat dan sering kali salah. Kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang memiliki karakter khas, tak perlu sama dengan bangsa lain. Kita memiliki ciri dan cara yang membedakan. Berkarya dan berkerjalah dengan cara dan ciri kita. Meminjam ( Quote Enstein) sesungguhnya yang membesarkan kita bukanlah kecerdasan dan kekuatan, yang membesarkan kita adalah karakter.
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aturan Pergantian Antar Waktu ( PAW ) Anggota DPR/ MPR

Tuan Baik dan Tuan Buruk

Surat tak terkirim ( Bulan dan Bintang)